Friday, December 12, 2014

Hantu - Hantu Jepang Terseram


  • Ao-andon 青行灯 (あおあんどん) (Blue Andon/Blue Lantern Ghost)
     carolina-eade.deviantart.com

       Pada jaman Edo, ada permainan populer bernama hyaku monogatari (A Hundred Stories). Dalam permainan ini, seratus orang akan berkumpul dalam satu ruangan dimana ada 100 lilin menyala di dalam lampu andon yang dilapisi kertas biru untuk menciptakan suasana horor dan mencekam. Lalu setiap orang akan menyampaikan satu cerita hantu. Setiap satu cerita selesai, satu lilin dimatikan. Ketika cerita terakhir diceritakan, lilin terakhir dimatikan. Maka ruangan berubah menjadi gelap, iblis yang dikenal dengan nama ao andon akan muncul karena gerbang setan terbuka. Setan menjadi bebas keluar masuk dunia manusia

  • Ao-nyōbō 青女房 (あおにょうぼう) (Blue Wife)
matthewmeyer.net
    Ao Nyobo adalah hantu wanita bergigi hitam tanpa alis dan memakai kimono kerajaan berwarna merah. Di reruntuhan sebuah istana kekaisaran lama di jepang, dia dikabarkan senang memakan daging pria muda yang melewati reruntuhan istana. Salah satu kisah menceritakan Ao-Nyobo adalah wanita pengadil disebuah kekaisaran kerajaan dijepang (Pengadil wanita kerajaan diharuskan mencukur alisnya). Ia tidak cantik, tapi sangat dipercaya raja untuk memutuskan sebuah kasus. Suatu ketika putri raja melakukan pembunuhan didalam istana dan diketahui oleh Ao-Nyobo, kemudian ia memutuskan  menghukum mati sang putri. Mengetahui hal itu, sang raja marah besar dan menyuruh para pengawal untuk segera menghabisi Ao-Nyobo.

  • Bake-neko 化け猫 (ばけねこ) (Ghost Cat) 


toriko-fan-fiction.wikia.com

     Dalam legenda jepang, kucing memiliki potensi untuk bertransformasi sebagai monster, sama seperti rakun atau rubah.
    Pada masa lalu, ada kepercayaan bahwa bahwa jika seekor kucing dipelihara sampai berumur 13 tahun (di literature lain 3 tahun) atau seekor kucing memiliki berat sampai satu KAN (sekitar 8 pon) maka kucing tersebut akan berubah menjadi Bake Neko. Dengan kekuatannya, Bake Neko bisa berukuran sangat besar, sehingga jika ia memasukan cakarnya kedalam pintu rumah untuk mencari manusia sebagai mangsa, sama saja seperti memasukan cakarnya kedalam lubang tikus. Mereka juga dapat berubah wujud menjadi bentuk manusia. Mereka akan membunuh manusia lalu meniru wujud manusia itu.
      Sebuah cerita tentang seorang pria bernama Takasu Genbei, ia kehilangan kucingnya yang sudah ia pelihara bertahun tahun. Kejadian itu bersamaan dengan berubahnya kepribadian ibunya. Ibunya sering sekali mencuri makanan dari toko lalu membawanya kedalam kamarnya untuk dimakan. Keluarganya mulai curiga, mereka mengintip kedalam kamar wanita itu dan melihat sesosok monster mengerikan dengan pakaian wanita sedang mengunyah mainan untuk binatang. Takasu mencoba tidak mempercayai apa yang ia lihat. Suatu saat, ibunya menghilang namun kucing peliharaannya kembali. Dan saat ia mengganti tatami di kamar ibunya, ia menemukan jasad wanita yang tinggal tulang belulang.
    Kucing sering dihubungkan dengan kematian. Kucing dipercaya akan menebarkan penyakit kepada orang yang membencinya. Terkadang, di Jepang, kucing akan dikurung untuk menghindari berubahnya kucing tersebut berubah menjadi Akasha, iblis kucing yang turun dari langit untuk mencuri mayat. Jenis Bake Neko yang memiliki ekor garpu yang dikenal dengan sebutan Nekomata dipercaya dapat mengendalikan mayat seperti boneka.

  • Jisatsu no Kaiga 自殺 の 絵画 (Suicide of Painting)
        Lukisan ini sangat terkenal di forum di Jepang dan Korea. Konon lukisan ini dibuat, discan kemudian dipost online sebelum sang gadis bunuh diri. Yang mengerikan adalah jika kita menatap mata dari lukisan gadis itu selama 5 menit senyumnya akan berubah dan ada lingkaran gelap yang muncul disekitar tubuh dan matanya. Bahkan bisa membuat yang melihatnya meninggal.

  • Nopperabu のっぺらぶ (No Face)
aprilwasteland.deviantart.com
       Jika memiliki paras yang rupawan, Jangan berjalan sendirian tengah malam. Karena kemungkinan akan bertemu dengan Nopperabu. Nopperabou atau si muka rata adalah hantu yang tidak memiliki mata, hidung dan mulut wajahnya hanya terdiri dari kulit halus. Tetapi biasanya Nopperabou merasa dirinya adalah manusia sehingga dia sering menampakkan dirinya dengan wajah manusia. Wajahnya Kembali rata jika menjelang tengah malam. Ia sangat suka menakuti manusia jika menjelang tengah malam di jalanan atau tempat yang sepi. Tapi jika kamu bertemu dengannya jangan pernah menyebut “Muka Rata” karena dengan segera dia akan mengupas dan mengambil wajahmu dari kepalamu.

  •  Murasaki no Kagami 紫 の 鏡 (Purple Mirror)
 
       Cermin ungu adalah salah satu rumor dan cerita legenda perkotaan masyarakat di Jepang. Rumor yang beredar tentang cermin ungu juga bervariasi menurut wilayah daerah masing-masing, salah satu ceritanya mengatakan jika kamu wanita berusia dibawah 20 tahun dan kemudian kamu mempunyai cermin tangan yang berwarna ungu maka kamu bisa bertemu dengan sesosok hantu wanita memakai baju seragam sekolah yang cacat akibat luka bakar. Caranya yaitu dengan menyebut Murasaki (no) Kagami 5x didepan cermin tersebut tepat pukul 23:55. Dikisahkan Seorang siswi disebuah klub tennis di salah SMU di jepang ditemukan meninggal bersimbah darah oleh temannya disalah satu gedung sekolahan yang sudah tidak terpakai, dikatakan sehari sebelumnya ia membeli sebuah cermin berwarna ungu, ia kelihatannya ingin membuktikan kebenaran rumor mengenai Murasaki Kagami.

 Bonus : Ame-Onna (Rain Women)
http://japan-pedia.blogspot.com

Photobucket