Sunday, December 28, 2014

Film Horor Korea Selatan Terseram 2002-2011

1. A Tale of Two Sister (2003) 장화, 홍련/ Janghwa, Hongryeon
    Written by  : Kim Jee-woon
     Running time: 115 minutes
 
      A Tale of Two Sisters adalah film horor psikologis Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2003. Film ini disutradarai oleh Kim Ji-Woon dan merupakan film horor Korea yang mendapat keuntungan tertinggi dan film horor Korea Selatan yang pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop Amerika.
     Film ini bercerita tentang dua suadara perempuan yang, setelah menghabiskan waktunya di sebuah rumah sakit jiwa, pulang ke rumah ayahnya dan ibu tirinya yang kejam. Disana, selain berurusan dengan perlakuan ibu tirinya yang obsesif dan terganggu jiwanya, muncul hantu yang juga menambah ketegangan dari film ini.


2. Muoi: The Legend of a Portrait (2007) 므이/Meui
   Written by  : Zizak
    Running time: 93 minutes
www.hancinema.net
      Film horor Korea Selatan dan Vietnam ini disutradarai oleh Kim Tae-Kyong dan dibintangi oleh Jo An, Cha Ye-ryeon dan Anh Thu.
         Film ini menjadi film horor pertama (di Vietnam setelah Runtuhnya Kota Saigon) dan jugamerupakan film yang pertama kali diberi gelar di Vietnam. Film ini bercerita tentang seorang penulis dari Korea yang pergi ke Vietnam untuk mencari inspirasi bagi buku keduanya. Teman Koreanya yang tinggal di Vietnam menceritakan kepadanya tentang sebuah legenda Vietnam yang telah ada selama satu abad berkaitan dengan sebuah gambar seorang wanita bernama Muoi. Muoi berarti sepuluh dalam bahasa Vietnam.
Dan nama tersebut adalah nama wanita tersebut yang berada di…


3. Cinderella (2006) 신데렐라 / Shinderella
    Written by  : Son Kwang-soo
     Running time: 94 minutes
 www.hancinema.net
      Film ini disutradarai oleh Bong Man-dae dan dibintangi oleh Do Ji-won dan Sin Se-kyeong.
       Hyunsu memiliki hubungan dekat dengan ibunya Yoon Hee, yang pekerjaan adalah dokter bedah plastik. Yoon Hee telah melakukan operasi pada beberapa teman anak perempuannya, dan setiap orang terkejut ketika salah satu gadis tersebut tewas secara misterius. Meskipun insiden tersebut dianggap sebagai kecelakaan tragis, namun ketika lebih banyak lagi teman-temannya yang tewas, menjadi jelaslah bahwa peristiwa-peristiwa tersebut bukanlah kecelakaan. Hyunsu mulai mencurigai bahwa ibunya lebih memahami kejadian-kejadian tersebut.


4. Wishing Stairs/ Whispering Corridors 3 (2003) 여고괴담 3, 여우계단/ Yeogogoedam 3
    Written by  : Kim Su-ah, Lee Yong-yeon, Eun Si-yeon, Lee Soyoung
     Running time: 97 minutes
 core.collectorz.comes.drama.wikia.com
       Film yang disutradarai oleh Yun Jae-yeon ini adalah film ketiga dari rangkaian film Korea Selatan yang bersetting di sekolah-sekolah perempuan yang dimulai dengan film Whispering Corridors pada tahun 1998. Namun, semua film tersebut tidak saling berkaitan. Film ini dibintangi oleh Song Jing-hyo, Park Han-byul, Jo An-ah.
       Di sebuah sekolah berasrama, terdapat sebuah legenda tentang tangga yang memiliki dua puluh delapan anak tangga. Jika anak tangga kedua puluh sembilan muncul, maka rubah disana akan mengabulkan permintaan. Murid balet Kim So-hee sangat jatuh cinta dengan kekasihnya yang pendiam dan adalah murid balet juga Yoon Jin-sung.
      Ketika terdapat sebuah kompetisi di satu sekolah balet terkenal di Rusia, Jin-sung yang iri hati menemukan anak tangga kedua puluh sembilan dan meminta untuk mengalahkan So-hee yang menjadi favorit di kompetisi tersebut. Namun, ada harga yang harus dibayar bagi permintaan yang tidak diketahui oleh Jin-sung dan akibatnya adalah kematian So-hee. Sementara itu, murid gemuk, Eon Hae-ju, yang dianggap rendah dan disiksa oleh teman kelasnya Han Yoon-ji, merindukan So-hee. Ketika ia juga menemukan anak tangga misterius tersebut, ia memohon untuk mengembalikan So-hee dengan konsekuensi-konsekuensi tragis.


5. Yoga Hakwon (2009) / Yoya School/ Yoga Academy/ Yoga Class/ 요가학원, 요가學院
    Directed by ; Yoon Jae-yeon
     Running time: 97 minutes
wikipedia.orgwww.beyondhollywood.com
       Film ini disutradarai oleh Yun Jae- Yeon dan dibintangi oleh Eugene, Cha Soo-Yeon, Park Han-Byul, Joe Eun-Ji, Lee Young-Jin, Kim Hye-Na, dan Hwang Seung-Eon. Film ini dimulai dengan seorang wanita percaya diri dan penuh antusias Hyo-jung (Eugene) masuk ke sebuah institut yoga yang misterius yang dikelola oleh seorang mantan aktris. Pada kursus latihan hari ke-7, seorang master yoga muda, Nani (Cha Su-Yeon) menjelaskan kepada Hyo-jung dan empat wanita lainnya bahwa hanya satu orang yang benar-benar dapat menguasai kursus tersebut dapat mendapatkan rahasia kecantikan abadi. 
      Ada lima aturan yang harus dipatuhi oleh mereka selama kursus satu minggu tersebut:
1. Dilarang melakukan kontak dengan dunia luar.
2. Dilarang mengkonsumsi makanan yang tidak diijinkan.
3. Dilarang mandi dalam satu jam setelah sesi-sesi latihan.
4. Dilarang bercermin.
5. Dilarang memberitakan kejadian-kejadian di dalam akademi ini ke dunia luar.

     Seiring latihan tersebut berjalan, para gadis tergoda untuk melanggar aturan tersebut dan Hyo-jung mulai mencium sesuatu yang janggal tentang institut ini dan seorang aktris yang tidak bertambah tua.


6. Living Dead (2009)  불신지옥, 不信地獄 / Bulsinji-ok, Pulsinji-ok
     Written by : Lee Yong-joo
     Running time: 106 minutes
dramadownload.net
     Film ini disutradarai oleh Lee Yong Joo-I dan dibintangi oleh Nam Sang Mi sebagai Hee Jin, Kim Bo-yeon sebagai Ibu, dan Shim Eun Kyung sebagai So Jin.
     Seorang mahasiswi bernama Hee Jin (Nam Sang Mi) kembali ke rumahnya ketika adik perempuannya yang berumur 14 tahun So Jin (Shim Eun Kyung) menghilang. Ibunya, seorang pengikut gereja yang fanatik, berdoa dan menolak bekerja dengan polisi yang malas untuk menemukan So Jin. Sementara itu, seorang tetangga bunuh diri dan meninggalkan sebuah surat wasiat untuk So Jin, dan Hee Jin mendengar banyak rumor bahwa adiknya telah kemasukan setan. Tempat dimana So Jin berada semakin sukar dipahami dan tetangganya yang mati itu mulai muncul di dalam mimpi-mimpi Hee Jin.


7. Phone (2002)  폰 /Pon
    Written by  : Ahn Byeong-ki, Lee Yu-jin
    Running Time: 103 minutes

wikipedia.orgwikipedia.org

      Film horor ini disutradarai dan ditulis oleh Ahn Byeong-ki dan dibintangi oleh Ha Ji-Won dan Kim Yu-Mi. Film ini merupakan sebuah cerita cinta yang rumit dan melibatkan banyak hantu.
     Setelah menulis serangkaian artikel tentang pedofilia, jurnalis Ji-won menerima telepon ancaman dan ia merubah nomor ponselnya. Teman dekatnya Ho-jung dan suaminya Chang-hoon mengajak Ji-won untuk pindah ke rumah mereka di Bang Bae yang kosong dan tertutup. Ketika anak perempuan temannya itu, Young-Su menjawab sebuah panggilan telepon di ponsel Ji-won, gadis tersebut berteriak dan perilakunya berubah, merasakan daya tarik yang besar kepada ayahnya dan menolak ibunya.
      Sementara itu, Ji-won menerima panggilan-panggilan telepon aneh dan melihat serta mendengarkan seorang remaja memainkan lagu ~Moonlight Sonata~ dengan piano. Setelah menyelidiki nomor teleponnya, Ji-won menemukan bahwa pemilik asal nomor tersebut adalah Jin-hee, yang telah menghilang dan dua pemilik nomor berikutnya telah meninggal secara misterius dalam kondisi-kondisi yang tidak wajar. Penyelidikan lebih lanjut tentang Jin-hee menyingkapkan bahwa remaja tersebut benar-benar terganggu dengan cinta obsesifnya terhadap seorang lelaki yang telah memutuskan hubungan mereka.

 
8. The Evil Twin (2007) 전설의, 고향/ Jeonseolui gohyang
    Written by   :  Ahn Min-jeong, Kim Ji-hwan
    Running Time: 95 minutes
www.yesasia.com
     Film ini disutradarai oleh Kim Ji-hwan dan dibintangi oleh Park Shin-hye sebagai Soyeon dan Jae Hee sebagai Hyun-sik.
     Ketika sebuah kecelakaan merenggut nyawa saudara kembarnya, Soyeon jatuh koma. Ia bangun sepuluh tahun kemudian. Namun, serangkaian pembunuhan misterius mulai terjadi setelah ia sembuh, dan ia menjadi berperilaku seperti saudara kembarnya.
     Tersingkap bahwa seseorang yang terbunuh di danau sepuluh tahun yang lalu bukanlah Hyojin, tapi Soyeon dan kembaran yang masih hidup tersebut adalah Hyojin. Rahasia tersebut disembunyikan oleh ibunya, ia memberitahu penduduk desa bahwa Hyojin telah mati, namun roh yang mengerikan dari Hyojin Palsu (SoYeon) kembali untuk mengambil seseorang untuk hidup di dalam danau dengannya.
 

9. Cello (2005) 첼로
     Written by   : Jeong Woo-cheol
     Running Time: 94 minutes

d.ratingmovies.comd.ratingmovies.com
      Film horor misteri ini disutradarai oleh Woo-cheol Lee dan dibintangi oleh Hyeon-a Seong, Da-an Park, dan Ho-bin Jeong.
      Pemain celo sekaligus guru Mi-Ju Hong dikunjungi oleh kolega sekaligus temannya Sun-Ae yang akan memangku jabatan profesor di sebuahu institusi terkenal, dan memberikan sebuah undangan konser Hae-Young Kim, adik perempuan mantan sahabat di sekolahnya Tae-Yeon Kim yang meninggal karena kecelakaan mobil.
      Sebelum meninggalkan gedung tersebut, ia diancam oleh mantan pelajarnya yang gagal dalam ujian. Ketika pulang ke rumah, ia melarikan diri dari sebuah kecelakaan di jalan dan setiba di rumahnya, ia mendapatkan kejutan pesta ulang tahun dengan suami sekaligus jaksa Jun-Ki, anak-anak perempuannya slow Yoon-Jin yang lemah dan Yoon-Hye Song yang masih muda, dan saudara iparnya Kyung Ran, yang tunangannya berada di Manhattan untuk menjalani program MBA. Pada pagi berikutnya, suaminya menyewa pembantu Ji-Sook, seorang perempuan yang sangat aneh. Ketika berbelanja dengan Yoon-Jin, gadis tersebut terpesona oleh sebuah celo dan Mi-Ju membelikan alat musik tersebut. Setelah kematian misterius yang menimpa anjingnya Sunny.


10. Bunshinsaba (2004) 분신사바 Witch Board
     Written by   : Ahn Byeong-ki
      Running Time: 92 minutes
cinefantastiqueonline.com
      Film ini disutradarai oleh Ahn Byeong-ki dan ditayangkan pada Puchon International Fantastic Film Festival ke 8. Film ini memperoleh premier Amerika pada New York Korean Film Festival tahun 2005 dan kemudian pada tahun yang sama ditunjukkan di Screamfest Horror Film Festival ke 5.
     Yujin dan ibunya yang buta pindah dari Seoul ke sebuah desa kecil. Pada hari pertama di sekolah barunya, Yujin diusik oleh teman-teman sekelasnya. Bersama dengan korban lainnya, Yujin mengutuk empat gadis yang menyiksa mereka melalui Ouija Board. Pada hari kedua di sekolahnya, salah satu tempat gadis tersebut terbakar dan tewas ketika ia duduk dimana Yujin menggunakan papan tersebut. Hari berikutnya, korban lainnya terbakar sampai mati, dan kini sekolah itu menjadi horor.

11. White: Melody Of Curse (2011) 화이트 저주의 멜로디 / Jeojooui Mellodi
     Written by   : Kim Gok, Kim Sun
     Running Time: 145 menit
 www.hancinema.netdoramamania.mybb.ru 
     Cerita film ini sendiri tentang kutukan pada sebuah lagu, yaitu lagu “White”. Awalnya girlband Pink Dolls adalah GB yang tidak terkenal. GB imi masih terkesan amatir dan tidak menarik untuk ditonton. Hanya mengandalkan wajah imut personilnya ternyata tidak cukup untuk mendapatkan popularitas. Kondisi di dalam girlband itu sendiri tidak harmonis. Sebagai leader, Eun Ju, sangat tidak dihormati oleh para dongsaeng-nya. Anggota lain selalu meremehkan Eun Ju karena dulu dia adalah penari latar.
     Nasib girlband itu berubah ketika Eun Ju secara tidak sengaja menemukan sebuah kaset berisi video klip seseorang dari studio barunya. Manajer yang melihat potensi lagu di video itu segera menjadikannya lagu debut grup mereka, tak peduli siapa pengarang dan penyanyi sebelumnya.
     Ternyata lagu itu mempunyai sejarah yang panjang. Lagu yang menjadi sangat booming setelah di-remake oleh Pink Dolls itu ternyata menyimpan sebuah rahasia. Dimulai dari 15 tahun yang lalu. Tak ada yang tahu cerita pastinya, namun satu demi satu member Pink Dolls yang ditugaskan sebagai “pemeran utama” untuk menyanyikan lagu ini mengalami nasib sial.
     Dimulai dari Jenny, yang awalnya di daulat sebagai vokalis utama terlilit mikrofon di ruang studio dan akhirnya masuk rumah sakit dan tidak sadarkan diri. A Rang yang menduga kalau kecelakaan Jenny adalah ulah orang dalam yang iri, mendapati wajahnya mulai rusak karena kosmetik dan mulai stres. Saat ia di daulat menjadi pusat perhatian, ia mengalami kecelakaan dan jatuh saat shooting video klip.Shin Ji, yang mengikuti acara 'Survival Challenge' mengalami kecelakaan dan jatuh tertindih kamera.
      Eun Ju sebagai target kesialan berikutnya sudah menyadari kejanggalan lagu itu. Dia pun sampai pada kesimpulan bahwa lagu itu telah dikutuk. Berusaha menghindari kutukan itu, dia pun berinisiatif menyelidiki masa lalu dan sejarah lagu itu dibantu sahabatnya dalam grupnya dahulu, “Lala Sisters” yaitu Sun Ye. Mengira Jang Ye Bin lah yang mengutuk lagu itu, mereka akhirnya melakukan upacara yang layak untuk Jang Ye Bin dan mengira kasus telah usai. 

12. Gisaeng Ryung (2011)  기생령/ Ghastly / Gisaeng Ghost

mystories54.blogspot.commystories54.blogspot.com
     Flm horor ‘Gisaeng Ryung’ yang dibintangi oleh Han Eun Jung, No Min Woo, Park Hyomin/Park Sunyoung. 
       Jang Hwan dan Soe Ni merupakan pasangan muda yang dengan terpaksa menempati rumah mewah tetapi bekas tragedi yang mengerikan. Tragedi ini menyisakan Bin, keponakan mereka yang telah menjadi yatim piatu akibat kedua orang tuanya meninggal bunuh diri dengan tak wajar.
      Tidak lama setelah mereka menempati rumah itu, keanehan mulai dirasakan oleh Soe Ni dan Yoo Rin. Mereka berdua selalu mendapat mimpi buruk dan dalam mimpi buruk mereka selalu tampak wajah Bin. Soe Ni mulai mencurigai kelakuan aneh Bin [Dimulai saat Bin menusuk salah satu teman SDnya]. Apalagi setelah ia menemukan sebuah ruangan di gembok yang setiap kali ia kesana ia seolah-olah melihat sesuatu hal pada masa lampau.
      Kecurigaan Soe ni semakin bertambah saat salah seorang teman Bin dinyatakan hilang. Ia pun kemudian mengikuti Bin pulang sekolah. Ternyata sebelum Bin pulang ke rumah ia mampir kesebuah gudang. Dan saat Soe Ni kesana ia menemukan potongan kaki dan Detective Cheol-Woong (No Min Woo) sedang dalam kondisi sekarat. Detective Cheol-Woong tengah menyelidiki kematian dan bunuh diri sadis yang terjadi di rumah itu dan mengenaskannya sebelum ia mampu mengungkapnya ia malah tewas. Sebelum tewas, Detective Cheol-Woong memperingatkan Soe Ni agar berhati-hati kepada Bin. Soe Ni pun segera pulang kerumahnya dan menemukan Bin yang sedang mengincar nyawanya juga.
     Dari keanehan tersebut, terkuaklah kejadian yang amat memilukan dimana ada sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak dan menangkat seorang anak untuk diadopsi. Akan tetapi keluarga dari sang suami meminta agar mereka memiliki anak kandung dan jika tidak bisa maka sang istri harus diceraikan. Ibu dari istri pun tidak terima dan mengambil jalan pintas dengan mengadakan ritual agar putrinya bisa mlahirkan anak kandung. Akhirnya anak yang diadopsi itu yang dikorbankan, dia  dipotong kakinya dan dimasukkan ke dalam guci yang sering digunakan untuk membuat fermentasi sampai anak itu lemas dan meninggal dalam guci.
       boleh.com- Film horror ini ternyata tidak lulus sensor lembaga sensor film Korea karena menampilkan adegan sadis dan horror yang terlalu mencekam. Korea Media Rating Board memutuskan bahwa Gisaeng Ryung tidak layak untuk ditonton oleh kalangan remaja. *Oops '0' * Akhirnya lembaga sensor film korea tersebut memberikan rating 19+ untuk film horror itu.

Sumber:
Fb-Sinopsis Drama Korea Edisi II, ratihwidodo.blogspot.com, en.wikipedia.org, mystories54.blogspot.com *
inisajamostory.blogspot.com

2 comments

Photobucket