Saturday, November 29, 2014

Für Elise - Ludwig van Beethoven

     http://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fwww.elegantwoman.org%2Fimage-files%2Felegant-wedding-photography-4.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.elegantwoman.org%2Felegant-wedding-photography.html&h=400&w=597&tbnid=cIKPvq0sNodllM%3A&zoom=1&docid=vDB1FcKwl-adcM&ei=5rF5VJiyDoq1uAT74YLQDw&tbm=isch&client=firefox-a&ved=0CCcQMygAMAA&iact=rc&uact=3&dur=706&page=1&start=0&ndsp=11&biw=1366&bih=630

                Für Elise berasal dari bahasa Jerman yang artinya Kepada Elise. Sebuah musik piano solo karya Ludwig van Beethoven, ditulis sekitar tahun 1810. Para peneliti Beethoven tidak tahu siapa sebenarnya Elise yang dimaksud. Teori terkenal mengatakan bahwa karya tersebut awalnya berjudul Für Therese [Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851)].
                Therese merupakan wanita yang ingin dinikahi Beethoven tahun 1810. Ia putri seorang saudagar dari Wina, Jacob Malfatti von Rohrenbach (1769-1829). Sayangnya, ia menikahi pria lain sebelum Beethoven menyatakan perasaan cintanya padanya. 
           Lagu ini dipublikasikan tahun 1865. Penemunya, Ludwig Nohl, salah menyalin judulnya sehingga menjadi “Für Elise”. Tanda tangannya hilang.
                Melodi pembuka Für Elise dimulai dengan nada E – D# – E, atau enharmoninya E – E♭ – E, dibaca E – Es – E. Huruf yang menjadi nada lagu dari nama ThErESE atau mungkin EliSE. Melodi ini menjadi petunjuk nama wanita yang dicintai Beethoven.
          Penciptanya, Ludwig van Beethoven, dilahirkan tahun 1770 di kota Bonn, Jerman. Sejak kecil sudah terlihat jelas bakat musiknya yang cemerlang. Kemampuan Beethoven juga tercermin dari buku musik ciptaannya yang muncul pertama kali tahun 1783. Beethoven belajar dari musisi terkenal seperti Mozart, pertemuannya dengan Mozart terjadi saat Beethoven remaja.
        Tahun 1792 Beethoven kembali ke Wina dan sempat merasakan belajar musik dengan Haydn yang saat itu pencipta musik Wina kesohor. Beethoven memutuskan untuk menetap di Wina. Saat itu Wina memang dikenal sebagai kota yang sering menghasilkan musisi handal.

          Memasuki umur pertengahan dua puluhan ke atas, dia sudah mampu menerbitkan dan menjual buku ciptaan musiknya tanpa kesulitan. Ketika Beethoven berumur dua puluhan, tanda-tanda ia bermasalah dengan pendengaran mulai tampak. Tentu saja gejala ini membuatnya risau. Tuli bagi seorang pencipta musik adalah suatu malapetaka. Sampai suatu ketika Beethoven ingin bunuh diri. Untunglah, itu tidak terjadi.
        Tahun-tahun antara 1802-1815 sering dianggap masa pertengahan karier Beethoven. Di sekitar tahun itu, Beethoven harus beristirahat karena penyakitnya semakin parah. Ia kesulitan untuk mendengar. Kepercayaan diri Beethoven mulai menurun. Ia takut bertemu dengan orang dan benar-benar menjadi seorang yang tuna rungu. Ia tidak pernah lagi bergaul dengan masyarakat.
            Walaupun begitu, Beethoven tetap berusaha menciptakan karya-karya yang hebat.
Karya musiknya terus berkembang. Namun perhatian terhadapnya makin berkurang seiring berjalannya waktu. Yang dikenal hanya karyanya yang terus menuju kesuksesan.
       Di usia empat puluhan Beethoven, pendengaran Beethoven sama sekali tidak berfungsi. Akibatnya, dia tak pernah lagi tampil di muka umum dan semakin menjauhi masyarakat. Hasil karyanya semakin sedikit dan semakin sulit dipahami.
         Sejak itu dia menciptakan musik hanya untuk dirinya sendiri dan beberapa pendengar yang punya ideal masa depan. Dia pernah mengatakan kepada seorang kritikus musik, “Ciptaanku bukanlah untukmu tetapi untuk masa sesudahmu.”
         Beethoven telah menghasilkan 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola, serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan banyak lagi. Tetapi, yang lebih penting dari jumlah ciptaannya adalah segi kualitasnya.
             Tahun 1827, dia meninggal dunia di Wina pada usia lima puluh tujuh tahun. Namun karya-karyanya tetap terkenal di seluruh dunia.

kidnesia.com
wikipedia 


Ceritaa Si Elisa
Namaku Elisa,,
Umurku baru 13 tahun,,
Aku cintaaaa banget sama piano,,
Aku tinggal di London,,
Selain piano, aku gak bisa melepaskan boneka teddy bear hadiah dari
kakak kelasku james.
James adalah seorang murid SMA,,
dia pacar kakakku Elena.
Aku menderita penyakit kelainan jantung,,,
tapi gak ada yang tahu soal ini selain keluargaku,, ,
aku sebetulnya mencintai orang yang sama dengan kakakku,,
yaitu James,,,
Tapi ga ada satupuuuuun yang tahu selain pianoku, tempat curahan
hatiku.
Aku sadar,,
umurku ga lama lagi,,
umurku udah gak panjang,,
apalagi ga ada yang ngerawat aku di rumah,,
aku hanya tinggal dengan kakakku yang cuek,,,
aku memang orang kaya,,,
tinggal di rumah yang seperti kastil mewah,,,
tapi itu ga bisa mnghadirkan kebahagiaan, ,,
rumah yang kotor,,
pembantu tidak ada yang tahan satupun,,
entah mengapa,,
mereka bilang ada hal aneh dan ada perempuan misterius yang selalu
menghantui mereka,,
yang selalu mengikuti aku kemana aku pergi,,
terkecuali saat malam,,
jka semua tertidur lelap,,
ia pergi dari belakangku dan menghantui seisi rumahku,,,
hingga suatu saat,,,
entah mengapa aku bermimpi, jemariku menari sendiri di atas piano,
memainkan lagu fur elise dengan lancar dan tanpa salah sedikitpun,
padahal aku tdak bisa memainkannya,
aku bangun dari tidurku,
jam berdentang 12 kali menandakan pukul 12 malam.
Kakakku masuk ke kamarku,,
ia mencurigai boneka teddy bear kesayanganku, ,
ia merusaknya dan akupun menangis,,
aku tak bisa menahannya,,
sehingga,,,,
aku dibawa ke pianoku,,
aku disuruh duduk dan memainkan fur elise,,
hal yang sama terjadi,,
jemariku bergerak dan menari sendiri di atas pianoku,,,
lantas aku kaget,,
tiba" kakakku memegang pisau,,,
ia ingin memotong jemariku karena kecemburuannya dan sangking
curiganya terhadap aku,,
dia bilang aku pembawa sial dan susah,,
kupejamkan mataku dengan jemari yang masih saja menari,,,
tapi entah mengapa tiba tiba kakakku terkapar jatuh di lantai dan
MENINGGAL,,,
kini aku melihat sosok perempuan pengganggu itu,,
tak dapat kupercaya ia adalah arwah perempuan yang tinggal dalam
pianoku,,
jemariku berhenti,,
perempuan itu membawakan teddy bearku yg sudah rusak,,
ia bilang itu adalah teddy bear kematian,,
selama teddy itu ada di rumah seseorang,,
perempuan setan itu juga ada di rumah pemilik teddy bear itu,,,
itulah sebabnya James memberikannya padaku,,,
Kebetulan juga ia adalah arwah pianis,,
jadi setelah ia melihat pianoku,,
ia tinggal didalam pianoku untuk menggerakan jemari setiap orang,,
ia dendam kepada setiap orang yang tidak bisa memainkan fur elise,,,
Dalam sekejap hilanglah nyawa Elisa,,
dan kini rumah berpenghuni arwah pianis misterius itu,,
tidak pernah ada yg masuk setlah kematian Elisa,,,
Kini Elisa juga menjadi arwah penasaran yang tinggal di dalam piano
menggantikan arwah pianis yang telah pergi ke piano piano lainnya,,
mencari orang yang tidak bisa memainkan fur elise,,,
pesan arwah perempuan kepadamu :
"Aku pun tahu kamu pasti ada kesalahan tiap bermain fur elise/ kamu
pasti tidak bisa lancar memainkannya, ,


sumber

Photobucket