Thursday, October 16, 2014

10 Anime Ber-genre Misteri, Horror, Thriller, Supernatural

 1. Higurashi no Naku Koro Ni ひぐらしのなく頃に 
 (Higurashi When They Cry)
Pengarang : Ryukishi Reinana (2002)

 

      Pada bulan Juni tahun 1983, terjadilah suatu peristiwa mengenaskan. Di sebuah kamar dalam kegelapan malam, seorang pemuda dengan tongkat baseball menghajar dua perempuan berseragam sekolah sampai mati. Tongkat tersebut dihantamkannya dengan sekuat tenaga berkali-kali ke kepala, tangan, dan kaki korban hingga bersimbah darah dan meremukkan tulang mereka. Selesai dengan korbannya, dengan napas terengah-engah, ia berdiri dengan wajah seram seperti kesetanan.

      Di pagi hari yang cerah Maebara Keiichi bangun dari tidurnya dan bersiap-siap ke sekolah. Keluar dari rumah ia bertemu dengan Ryuuguu Rena yang tampaknya selalu menunggu Keiichi setiap pagi. Rena terlihat sangat manis dengan seragamnya. Kemudian Keiichi bercerita bahwa ia baru pindah ke desa itu yang bernama Hinamizawa sebulan yang lalu.

      Dalam perjalanan menuju ke sekolah, bertemulah mereka dengan Sonozaki Mion. Mion tampak tomboi dan kasar. Rupanya Mion adalah kakak kelas Keiichi dan Rena. Sesampainya di sekolah mereka belajar dalam satu kelas. Karena letaknya di desa terpencil, sekolah tersebut hanya memiliki satu kelas dengan satu guru yang mengajar murid dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD.

      Setelah bel pulang sekolah berbunyi, Rena dan Mion mengajak Keiichi untuk berjalan-jalan di sekitar desa tersebut besok. Mereka ingin memperkenalkan lingkungan di sekitar desa tersebut. Keesokan harinya mereka pergi ke kuil dan berpiknik di halamannya.

      Lalu datang dua anak dari kelasnya yang bernama Furude Rika dan Houjou Satoko. Dilihat dari fisiknya, mereka sepertinya adik kelas Mion, Rena dan Keiichi. Selesai jalan-jalan hari sudah senja, mereka semua berpisah. "Sayang sekali sudah harus pulang", kata Keiichi. "Bagaimana kalau kita mengambil jalan putar?", ajak Rena.

      Rena tampak gembira karena sudah lama ia tidak melewati jalan itu yang ternyata melewati tempat pembuangan barang bekas. Baginya itu seperti gundukan harta karun. Rena berjalan ke gundukan tersebut sedangkan Keiichi menuggu sambil tidur-tiduran di tepi jalan. Tiba-tiba Keiichi dikejutkan oleh seorang fotografer yang sekonyong-konyong membidikkan kamera ke arahnya. Selanjutnya


 2. Anaza アナザ
(Another)
Penulis : Yukito Ayatsuji


Arti Opening Song 'Another' :

Bukalah kelopak matamu di kegelapan malam

Agar dinding ketakutanmu nan panjang musnah


Di dalam suramnya peti mati

Aku dicampakkan layaknya sebuah boneka

Tubuhmu berlumuran darah beku

Dan kegelapan mulai membuai hatimu


Apa kau dapat melihatku?

Aku bisa merasakan dinginnya tanganmu


Bangkitkan taring penuh dosamu

Pandangi sekitarmu dengan amarah


Ayo kita saling menghancurkan

Sebelum semuanya terlanjur berkedok dalam keraguan

Dan juga sayap serta kaki kita putus

Kemudian membusuk di dalam kegelapan


Ada diriku yang lain

Yang jatuh cinta kepada seseorang secara menyakitkan
Sekarang, mana yang merupakan ilusi?
      Ketika Sakikibara sembuh dari sakitnya, ia datang kesekolah. Bibinya Reiko Mikami yang merangkap sebagai wakil wali kelas 9-3, kelas Sakakibara, memberikannya beberapa petunjuk. Hingga akhirnya ia bertemu lagi dengan gadis yang bersama dengannya di lift rumah sakit. Semua siswa kelas 9-3 merasa tak mengenalnya ketika Sakakibara menanyakan perihal tentang seorang gadis bernama Mei Misaki. Hanya ia satu-satunya murid yang tak tahu apa-apa tentang sebuah rahasia yang tersimpan didalam kelas 9-3. Mungkin karena Sakaki awal mulanya bicara dengan Mei, hal itulah yang membuat semua teman sekelas Sakaki sulit untuk menceritakannya. Sakakibara terus saja mendekati Mei, walaupun ada beberapa siswa yang ingin menghalangi Sakaki. Mei pernah mengatakan bahwa ia sebenarnya diperlakukan sebagai seseorang yang ‘tak pernah ada’. Hal ini untuk menghindari dari kematian, walaupun tidak beberapa persen terhindar. Tak lama kemudian Sakakibara juga diperlakukan sama dengan Mei, dianggap tak pernah ada. 
      Hingga akhirnya Mei menceritakan kejadian sesungguhnya pada 26 tahun yang lalu, yang mengakibatkan seluruh warga kelas 9-3 semakin dekat dengan kematian. Hal ini bermula setelah angkatan murid Misaki lulus. Begitu hal itu terjadi maka akan dimulai ada yang mati setiap bulan entah itu murid ataupun keluarga mereka.  Ia juga mengatakan, di tahun berikutnya, kelas 9-3 selalu memiliki siswa tambahan. Siswa tambahan itu merupakan orang yang telah mati karena kelas 9-3 di tahun-tahun sebelumnya, dan juga susah untuk dibedakan dengan yang lainnya, karena ia juga memiliki jasad, memori ingatan, dan mengira bahwa dia belum mati. Dan juga setiap semester ajaran baru, bangku dikelas 9-3 selalu kurang satu. Biarpun sudah disiapkan cukup untuk penghuni kelas.


3. Mirai Nikki

(Future Diary)
http://img1.wikia.nocookie.net/__cb20130124181616/futurediary/images/6/63/Gasai_Yuno.png
    Amano Yukiteru adalah seorang laki-laki lemah yang tidak mempunyai teman. ia gemar menulis diary di ponselnya. Suatu hari, ia melihat diary di ponselnya sudah ditulisi, entah oleh siapa. Dan ternyata yang tertulis disana adalah kejadian yang akan ia alami hari itu. Yukki memanfaatkan diary itu untuk hal-hal seperti mencontek saat ulangan sampai akhirnya tertulis 'Dead End' di diarynya. Saat itulah ia bertemu Yuno Gasai dan mengetahui bahwa ia sedang terlibat dalam survival game. Itu adalah game bertarung untuk mendapatkan tahta dewa.


    Ada 12 orang yang juga mempunyai 'Future Diary' seperti Yukki, namun setiap diary punya kelebihan dan kekurangan. Dan karena itulah mereka harus saling membunuh. Padahal Yukki sama sekali tidak bisa bertarung, oleh karenanya ia terus dilindungi Yuno Gasai, gadis cantik yang merupakan pembunuh berdarah dingin. Yuno Gasai sangat mencintai Yukki bahkan ia sering mengikuti Yukki. Isi diary Yuno adalah semua yang Yukki lakukan. Namun pada akhirnya, Yuno-lah yang harus membunuh Yukki.


    

  4. Deddoman Wandārando デッドマンワンダーランド
 (Deadman Wonderland)
(2011)

http://animeblurayuk.files.wordpress.com/2013/08/deadman_wonderland_review-1.jpg
      Ganta Igarashi tengah mengecek gadget-nya untuk melihat taman hiburan Deadman Wonderland, taman hiburan yang akan dikunjungi kelasnya saat field trip kali ini. Tidak lama berselang kelas dimulai, ketika para murid sedang memperhatikan pelajaran, sosok berbaju merah muncul di jendela kelas mereka. Pemandangan ini sangat mengejutkan karena kelas Ganta berada di lantai 3 dan sosok berbaju merah tersebut terlihat melayang.



    Sedetik kemudian pandangan Ganta menjadi buram. Ketika ia membuka matanya ia melihat kelasnya telah hancur dan semua teman sekelasnya telah meninggal dengan cara yang mengenaskan. Belum selesai kekagetan Ganta, sosok berbaju merah tersebut berjalan ke arahnya, dan sambil tersenyum menusukkan sebuah benda merah ke dalam tubuh Ganta.



     Saat tersadar ia berada di rumah sakit, saat itu juga ia mendapati fakta bahwa ia menjadi tersangka kasus pembantaian semua rekan sekelasnya dan bekas luka yang didapatkannya dari sosok berbaju merah itu telah hilang. Ia mendapatkan bantuan dari pengacara bernama Tamaki. Kepada Tamaki pula Ganta menceritakan kronologis saat sosok berbaju merah tersebut datang dan membantai teman-temannya.
    Hari pengadilan Ganta pun tiba. Tak disangka-sangka ia mendapatkan hukuman mati oleh hakim. Kejutan lain muncul saat ia melihat video rekaan mirip dirinya yang jelas-jelas menyatakan bahwa ia yang membunuh semua teman sekelasnya. Selain dijatuhi hukuman mati, ia juga dihakimi secara sepihak oleh para orang tua teman sekelasnya.
   Keesokan harinya Ganta dimasukkan dalam penjara di Deadman Wonderland. Penjara khusus yang beroperasi dengan peraturannya sendiri. Selain itu para tahanan Deadman Wonderland memiliki ikat leher khusus berisi racun yang bisa membunuh pemakainya apabila ia tidak memakan permen tertentu dalam jangka waktu tiga hari.


     Untuk mendapatkan uang (cash point) untuk membeli permen tersebut para tahanan haruslah mengikuti beberapa games. Games disini ialah menjadi objek dari sebuah wahana di Deadman Wonderland, namun beberapa dari wahana yang ada sangat membahayakan nyawa para tahanan. Mulai saat itu dimulailah kehidupan Ganta di penjara Deadman Wonderland.
 


 5. Kopusu Pati コープスパーティー
(Corpse Party/Tortured Souls)
Penulis : Makoto Kedoin


     Corpse Party menceritakan tentang 9 orang dari  yang terdiri dari Satoshi Mochida (laki-laki yang ramah dan penyayang namun agak penakut kecuali dalam saat-saat dimana ia dibutuhkan), Yuka Mochida (adiknya Satoshi), Naomi Nakashima (teman masa kecil Satoshi), Yoshiki Kishinuma (laki-laki yang agak bandel dan suka terus terang namun sebenarnya baik), Ayumi Shinozaki (perempuan yang menyukai cerita-cerita hantu dan berlaku sebagai perwakilan kelas), Seiko Shinahara (sahabat Naomi), Mayu Suzumoto (perempuan yang akan segera transfer dari kisaragi), Morishige Sakutaro (sahabat Mayu), dan Yui Shishido (Guru pembantu  di kelas yang ramah).
     Mereka melakukan sebuah ritual 'sachiko ever after' yang dikatakan dapat membuat mereka bersama selamanya. Namun setelah melakukan ritual tersebut mereka terjebak dalam sebuah dimensi tertutup berupa sebuah sekolah SD Heaven Host Elementary School, Sekolah yang terkenal akan insiden berdarah yang sering terjadi disana. Berita yang menggemparkan di sekolah itu adalah saat 4 murid hilang dan ketika ditemukan 3 dari murid tersebut tewas dalam keadaan yang menyeramkan.


6. Denpa Teki Na Kanojo 電波的な彼女
 (The Denpa Girl)




     Bercerita tentang seorang gadis bernama Ame Ochibana yang menganggap Junjawa Juu sebagai Tuannya karena dia menganggap Juu-kun adalah Rajanya di kehidupan yang sebelumnya. Pada kehidupan sebelumnya pula, Ame adalah ksatria dari Juu maka kata kata yang kusukai dari Ame adalah,
"If you're Juu sama's enemy, I will eliminate you"
 
   
   Menceritakan keinginan manusia untuk bahagia. Ada seorang gadis, mengatasnamakan dirinya Kuraki. Admin dari sebuah situs di Internet yang berisi tentang bagaimana menambah happines points agar diri dari seseorang itu bahagia. Anehnya... happines points ini didapatkan dengan menghancurkan kebahagiaan orang lain, atau sama saja mencuri poin orang lain. Mereka menambah kebahagiaan mereka dengan menghancurkan, menteror, sampaimembunuh orang yang dianggap mempunyai kebahagiaan yang banyak. Nah.. salah satu korban dari pengikut Kuraki ini adalah Juu. maka Juu pun berniat untuk memecahkan kasus ini. Tentu saja Ame ada untuk membantunya.

      Pada suatu saat, Kuraki mengundang Ame dan Juu ke rumahnya bersama dengan Shiraishi senpai, presiden OSIS di sekolah mereka. Di rumahnya, Kuraki (Ayase Ichiko) menceritakan alasan mengapa dia berbuat itu semua. Kakaknya dulu adalah mantan pacar Siraishi, kemudian Shiraishi memutuskan kakaknya demi berkencan dengan laki laki lain. Saat itu, Kakak Ayase memilih mati demi Shiraishi karena dia ditinggalkan. Setelah kakanya meninggal, ayah dan neneknya pun meninggal karena kecelakaan, Ibu Ayase sakit - sakitan dan kemudian meninggal. Ayase merasa sangat menderita, dan ketika melihat Shiraishi populer, pintar, dan terlihat sangat bahagia, maka ayase tidak rela akan itu semua. Shiraishi bahagia akrena telah membunuh kakaknya. Maka Ayase berniat mengambil poin kebahagiaan yang diambil shiraishi dari keluarganya. Saat itu, Ayase menodongkan pisau untuk menyayat kulit, hidung, jari atau apa saja yang akan membuat shiraishi hancur. Dan di saat genting itu, Ame bertanya pada Shiraishi
"Ketika kakak Ayase menusuk pisau di tubuhnya, bagaimana ekspresinya?"
"Dia tersenyum bahagia" kata Shiraishi


     Kemudian Ame memaparkan konsep kebahagiaan menurut Ayase, bahwa yang mencuri poin kebahagiaan di keluarga Ayase adalah kakaknya sendiri. Akhirnya Kuraki pun sadar dan sangat shock.


 7. Shiki
 (2010)


     Shiki (Mayat Iblis) menceritakan tentang kehidupan di sebuah desa terpencil bernama Sotoba. Kehidupan desa tersebut mulai berubah sejak kemunculan keluarga misterius yang mendiami Kanemasa, istana kuno yang sudah lama tak berpenghuni. Bersamaan dengan kedatangan mereka, perlahan - lahan satu persatu penduduk Sotoba mulai terserang penyakit aneh. Mereka yang terjangkit wabah misterius itu akan terlihat lemas dan pucat seperti tidak bertenaga, jika kondisi seperti itu berlanjut, dalam beberapa hari mereka akan meninggal. 
      Toshio Ozaki, satu-satunya dokter di desa itu, menemukan sesuatu yang janggal dalam fisik para pasiennya, semua memiliki bekas luka seperti habis digigit serangga. Toshio, yang awalnya berpendapat bahwa Sotoba terkena wabah penyakit baru, mulai curiga karena penyakit para pasiennya ini bukanlah seperti penyakit biasa. Tak hanya Toshio, Natsuko Yuuki, remaja yang baru pindah dari kota besar itu juga merasakan hal yang tidak biasa dari wabah yang menyebar di  desa tersebut. Ketika korban dari penyakit aneh itu bertambah banyak, mereka pun mulai mencurigai kalau keluarga misterius itu juga punya andil besar dengan merebaknya kasus aneh tersebut. Apalagi, mereka hanya keluar dari Kanemasa pada waktu malam saja.



 8. Shin Sekai Yori 新世界より
(From The New World)
Penulis : Yusuke Kishi (2012)
 

      Setelah kekuatan Psikokinesis miliknya bangkit pada suatu malam, Watanabe Saki akhirnya resmi menjadi warga Kota Kamisu 66. Namun dia segera bisa merasakan bahwa ada sesuatu yang aneh. Apa yang terjadi dengan anak-anak yang kekuatannya tidak bangkit? Karena tidak ada orang lain yang mempertanyakan, Saki juga memutuskan untuk memendam rasa penasarannya, sampai kemudian dia dan empat orang temannya mendadak bertemu dengan suatu makhluk yang menyimpan rekaman sejarah umat manusia sejak seribu tahun silam. Saat itu adalah untuk pertama kalinya Saki belajar tentang latar belakang kekuatannya, dan menyadari bahwa ternyata ada bahaya yang senantiasa mengintai dirinya dan teman-temannya.


8. Kara no Kyoukai
 (The Garden Of Sinner)


    Tokoh utama dari anime ini bernama Shiki Ryougi. Seorang perempuan. namun memiliki 2 kepribadian, yaitu kepribadian laki-laki (SHIKI) dan kepribadian perempuan (Shiki). gaya berbicara mereka sangat berbeda. namun, sebenarnya mereka satu kesatuan (di epilogue diceritakan bahwa sebenarnya Shiki memiliki 3 kepribadian, SHIKI, Shiki, dan Shiki yang sebenarnya)
     Pada tahun 1996, Shiki mengalami kecelakaan yang mengakibatkan SHIKI mati, sehingga kepribadian laki-laki Shiki hilang. hal ini mengakibatkan kekuatan “mata mistis pelihat kematian” milik Shiki menjadi aktif (gak nemu bahasa yang tepat –“).
     Shiki mengalami koma selama 2 tahun. dan ketika sadar, ia memiliki kekuatan untuk melihat garis-garis kematian yang apabila dipotong dengan benda apapun oleh Shiki, akan mengakibatkan kematian.
untuk belajar mengendalikan kemampuannya, Shiki bekerja kepada Touko Aozaki, seorang penyihir. selama bekerja dengan Aozaki, Shiki berhadapan dengan Kirie Fujyou, Fujino Asagami, dan Lio Shirazumi. ketiga orang tersebut sebelumnya telah bertemu dengan seorang penyihir (teman Aozaki saat di akademi) bernama Souren Araya. Araya ingin membunuh Shiki untuk mencapai Sumber Spiral.
     Selama koma, teman Shiki, Mikiya Kokutou senantiasa mengunjungi Shiki di rumah sakit. Mikiya adalah salah seorang teman Shiki yang mengetahui tentang kepribadian ganda milik Shiki.



8. Gankutsuou
(The Count of Monte Cristo)
(2005)

 
Gankutsuou adalah sebuah anime berdasarkan adaptasi dari novel, The Count of Monte Cristo oleh Alexandre Dumas. Anime ini bercerita tentang Albert Morcerf, seorang bangsawan muda yang secara kebetulan menjalin persahabatan dengan seorang bangsawan kaya, yang dikenal sebagai The Count of Monte Cristo, melalui serangkaian peristiwa aneh. Terpesona oleh pesona Count, Albert mengundangnya untuk bertemu teman-teman dan keluarganya, dimana semuanya merupakan bagian dari masyarakat kelas atas di Paris, Perancis. Sayangnya, Albert tidak menyadari bahwa Count memiliki motif tersembunyi dibalik kedekatan mereka. 

 Gankutsuou: The Count of Monte Cristo adalah sebuah kisah klasik tentang aksi balas dendam seorang pria korban dari keirian hati, pengkhianatan, dan fitnah kejam yang memenjarakannya kedalam kesengsaraan selama bertahun-tahun tanpa mengetahui kesalahannya.
Cerita diatur jauh kedepan, pada tahun 5053. dimana pada novel aslinya cerita diatur pada abad ke-19..


Meskipun setting waktu Gankutsuou jauh kedepan dilengkapi dengan unsur sci-fi dan sedikit fantasy namun di dalamnya masih mempertahankan banyak estetika Perancis pada abad ke-19





 9. Gōsuto Hanto ゴーストハント /Akuryo
(Ghost Hunt)
(2007) 


     Ketika di sekolah, Taniyama Mai dan teman-temannya suka bertukar cerita hantu. Rupanya, ada sebuah gedung sekolah Tua yang memiliki banyak cerita seram yang menyertainya. Selama bercerita, mereka terganggu oleh sosok laki-laki misterius. Orang itu bernama Shibuya Kazuya, seorang Manajer dari Perusahaan Shibuya Psychic Research. Dia dipanggil oleh kepala sekolah untuk menyelidiki cerita seputar gedung sekolah Tua.

   Keesokan harinya, dalam perjalanan ke sekolah, Mai melewati gedung sekolah Tua. Ketika memeriksa kamera aneh didalamnya, dia dikejutkan oleh kedatangan asisten Kazuya. Merasa terkejut akan hal itu, Mai membuat lemari disebelahnya rubuh dan membuat  asisten Kazuya terluka.

   Kazuya kemudian mempekerjakan Mai untuk membayar kamera dan mengganti pengobatan asistennya yang terluka. Sejak saat itu, Mai mulai belajar tentang dunia gaib dan profesi berburu hantu.
 


10. Tokyo Guru 東京喰種-トーキョーグール-
(Tokyo Ghoul)
Penulis : Ishida Sui


Tokyo Ghoul Wallpaper Wallpaper
Tokyoghoulmainpageimage
Di Jepang, hiduplah makhluk aneh yang memangsa manusia dipanggil ‘Ghoul’. Seorang mahasiswa universitas, Kaneki Ken, jatuh cinta kepada seorang gadis. Tanpa diduga, gadisnya itu adalah seorang ‘Ghoul’ dan nyawa Ken nyaris diincar oleh ‘Ghoul’ tersebut. Bagaimana jika organ tubuh Ken harus diubah demi menyelamatkan nyawa Ken?
sumber  : https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130601024810AAt5SgF  http://pawproduction.wordpress.com/2013/03/05/89/         
http://aviaaa.blogspot.com/2013/08/must-watch-anime-another-sinopsis.html http://faridazroel.blogspot.com/2012/08/deadman-wonderland-anime-review.html      http://mynameisfajar.blogspot.com/2013/07/anime-guro-corpse-party-tortured-souls.html http://braintolive.blogspot.com/2011/04/denpa-teki-na-kanojo-ova-2-happiness.html aoicasket.blogspot.com/2013/05/shinsekai-yori.html  http://nightformiya.wordpress.com/2014/04/13/intermezzo-ringkasanreview-kara-no-kyoukai/  http://komikanimasi.forumid.net/t71-gankutsuou   http://shibuya-subs.blogspot.com/2013/04/ghost-hunt-subtitle-indonesia.html   http://indonesianotaku.com/2014/01/17/manga-tokyo-ghoul-diadaptasi-menjadi-tv-anime/

Photobucket